Halaman

Selasa, 18 Agustus 2009

RANCANGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PADA TINDAKAN ROM PADA KAKI

1. TAHAP PRAINTERAKSI
a. Membaca catatan medik/keperawatan klien
Nama : Ny. X
Umur : 40 Tahun
Alamat : Jln. Sidoarjo No. 4
Suku : Bugis
Dx medis :
o Tindakan keperawatan yang akan dilakukan adalah melakukan ROM pada kaki.
o Mempelajari kasus dan literature tentang melakukan ROM pada kaki.
b. Mencuci tangan
c. Menyiapkan peralatan



Melakukan ROM pada kaki adalah melakukan pergerakan yang mungkin dilakukan oleh bagian-bagian tubuh pada kaki dan mempertahankan otot-otot dikaki.
Tujuannya adalah untuk mempertahankan fungsi atau mempertahankan fungsi otot.
2. TAHAP ORIENTASI
Assalamu alaikum/selamat pagi bu,..?
Bagaimana keadaan ibu hari ini…?
Saya adalah perawat yang bertugas untuk merawat ibu pada hari ini, nama saya suster Nukra Widya, dan saya suka di panggil uka, kalau nama ibu siapa…?
Ibu suka dipanggil apa…?
Baikalah bu, hari ini saya ditugaskan diruangan ini untuk melakukan ROM pada kaki ibu, agar dapat mempertahankan otot-otot dikaki ibu dan saya harap ibu bisa bekerja sama dengan saya.
Bagaimana bu…?
Baiklah kalau begitu saya balik dulu keruangan perawat untuk mempersiapkan alat-alatnya dan 15 menit lagi saya akan kembali untuk melakukan tindaklan dan saya membutuhkan ± 20 menit untuk melakukan tindakan ini.
Permisi ya bu …………..

3. TAHAP KERJA
Sebelum saya melakukan tindakan ini apakah ada yang ingin ibu tanyakan ?
Keluhan apa yang ibu rasakan hari ini…?
Baiklah bu, saya akan memulai tindakan /perawatan, tapi sebelumnya saya tutup pintu dan mencuci tangan dulu.
Permisi ya bu, saya akan mengatur tidur ibu, agar mempermudah saya dalam melakukan tindakan perawatan pada ibu.
 Cara infersi dan efersi kaki
a. Pegang separuh bagian atas kaki pasien dengan tangan kita (pelaksana) dan pegang pergelangan kaki pasien dengan tangan satunya.
b. Putar kaki dengan arah ke dalam sehingga telapak kaki menghadap ke kaki lainya.
c. Kembalikan ke posisi semula
d. Putar keluar sehingga bagian telapak kaki menjauhi kaki yang lain.
e. Kembalikan ke posisi semula.
 Cara fleksi dan ekstensi pergelangan kaki
a. Letakkan satu tangan pada telapak kaki pasien dan satu tangan yang lain di atas pergelangan kaki lurus, dan rileks.
b. Tekuk pergelangan kaki arahkan jari-jari kaki kea rah dada ke bagian tubuh atas pasien.
c. Kembalikan ke posisi awal
d. Tekuk pergelangan kaki menjauhi dada pasien, jari dan telapak kaki di arahkan ke bawah.
 Cara fleksi dan ekstensi lutut
a. Letakkan satu tangan di bawah lutut pasien dan pegang tumit pasien dengan tangan yang lain.
b. Angkat kaki, tekuk pada lutut dan pangkal paha
c. Lanjutkan menekuk lutut kearah dada pasien sejauh mungkin dan semampu pasien.
d. Turunkan dan luruskan lutut dengan tetap mengangkat kaki ke atas.
e. Kembali ke posisi semula.
 Cara rotasi pangkal paha
a. Letakkan satu tangan perawat pada pergelangan kaki pasien dan satu tangan yang lain di atas lutut pasien.
b. Putar kaki kearah pasien
c. Putar kaki kearah bawah pasien
d. Kembaliikan keposisi semula.
 Cara abduksi dan adduksi pangkal paha.
a. Letakkan satu tangan perawat di bawah lutu pasien dan satu tangan pada tumit.
b. Angkat kaki pasien kurang lebih 8 cm dari tempat tidur dan pertahankan posisi tetap lurus gerakan kaki menjauhi badan.
c. Gerakkan kaki mendekati badan pasien.
d. Kembalikan ke posisi semula.

TAHAP TERMINASI
Bagaiman perasaan ibu setelah saya melakukan tindakan pada ibu..?
Apakah ibu merasa lebih baik….?
Hari ini ibu sudah sangat baik telah bekerja sama dan membantu dalam melaksanakan tugas saya tadi.
Baiklah bu, saya akan keruangan perawat dulu dan sekitar 1 jam kemudian saya akan kembali melihat keadaan ibu, dan kalau ibu membutuhkan saya, ibu bias menghubungi saya diruangan perawat melalui keluarga ibu.
Permisi ya ibu……..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar